http://kata.news


HOME I NUSANTARA I MANCANEGARA I EKBIS I OLAHRAGA I IPTEK I HIBURAN

Lawan Malaysia, Indonesia Siap Beri Hadiah HUT RI

VIETNAM – Timnas Indonesia dipastikan bakal bentrok dengan Malaysia pada babak semifinal Piala AFF U-18 2019 yang akan digelar di Stadion Thu Dau Mot, Ho Chi Minh City, Sabtu (17/8/2019), 16:30 WIB. Memontum HUT RI ke-74 yang jatuh tepat di hari pertandingan, jadi motivasi tersendiri bagi anak-anak asuh Fakhri Husaini untuk 'ganyang' Malaysia pada laga nanti.

Pasukan Fakhri tentu sudah menyiapkan strategi guna meladeni perlawanan Malaysia pada laga nanti. Apalagi pertemuan antara Indonesia dengan Malaysia di turnamen ini, sudah bukan menjadi sesuatu yang baru. Ia menilai tidak ada satu pun tim yang dominan, jika melihat perjalanan kedua tim hingga ke babak semifinal.

"Tak ada tim yang mendominasi dalam kelompok umur. Saya sih berpikir sudah tak perlu lagi pilih lawan. Kita sudah sering menghadapi Malaysia di turnamen ini, sehingga ini bukan hal yang baru buat kami," tandas Fakhri, jelang laga.

Indonesia sendiri melaju ke semifinal sebagai juara Grup A dengan rekor tak terkalahkan dengan empat kali menang dan satu kali imbang. Satu-satunya hasil imbang yang diraih pasukan Fahkri terjadi saat bermain 1-1 dengan Myanmar pada laga pamungkas fase Grup A, Rabu (14/8/2019). Sementara Malaysia melaju ke babak semifinal sebagai runner-up Grup B dengan tiga kali menang dan dua kali kalah. Dua kekalahan yang dialami tim dari negeri Jiran tersebut terjadi saat takluk 0-1 dari Vietnam di laga perdana dan menyerah 0-1 dari Thailand, Kamis (15/8/2019).

Pun, usaha untuk 'ganyang Malaysia', diakui Fakhri bukan hal yang mudah. Apalagi Malaysia mampu mengalahkan Australia yang menjadi juara Grup B dengan skor cukup telak 3-0 di fase penyisihan.

Selain itu, Malaysia lebih unggul dari Indonesia dalam tiga pertemuan terakhir kedua tim di turnamen kelompok umur. Pertama kali Indonesia bertemu dengan Malaysia pada fase grup Piala AFF U-19 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo pada bulan September 2013 lalu. Saat itu, Indonesia yang berstatus tuan rumah, ditahan 1-1 oleh Malaysia.

Meski demikian, dalam perjalanannya, Indonesia mampu melaju ke babak semifinal sebagai runner-up grup dan menjadi jawara setelah mengalahkan Vietnam lewat drama adu penalti 7-6 setelah bermain imbang tanpa gol selama waktu normal dan perpanjangan waktu di partai final.

Selanjutnya, Indonesia kembali bertemu Malaysia pada babak kualifikasi Piala AFC U-19, bulan November 2017 lalu. Kala itu, Malaysia secara mengajutkan mampu melumat Indonesia dengan skor telak 4-1. Terakhir, Indonesia kembali bertemu dengan Malaysia pada babak semifinal Piala AFF U-19, bulan Juli 2018 lalu.

Meski bermain sebagai tuan rumah di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Indonesia tidak memiliki kemampuan untuk 'meganyang' Malaysia setelah kalah 2-3 lewat drama adu penalti usai bermain 1-1 selama 90 menit laga.

Melihat catatan pertemuan kedua tim, Indonesia pun tidak hanya membutuhkan mental yang kuat, tapi kekompakkan dalam bermain demi usaha untuk 'ganyang' Malaysia. Ibarat para pejuang yang turun di medan perang, persatuan dan kesatuan jadi senjata ampuh bagi Indonesia untuk dapat mengalahkan Malaysia pada laga nanti. (jun/yp)

REKOR PERTEMUAN:
12/07/18, Malaysia v Indonesia 1-1
06/11/17, Malaysia v Indonesia 4-1
18/09/13, Indonesia v Malaysia 1-1



Sumber: Poskotanews.com

Klik tautan (link) sumber jika konten berita terpotong atau tidak lengkap
loading...