http://kata.news


HOME I NUSANTARA I MANCANEGARA I EKBIS I OLAHRAGA I IPTEK I HIBURAN

Rasa Lapar Barcelona Jadi Juara Liga Tak Pernah Hilang

loading...

BILBAO - Rasa lapar Barcelona untuk menjadi juara Liga Spanyol sepertinya tak pernah hilang. Tak salah jika musim ini Blaugrana kembali dijagokan bisa mempertahankan trofi mengingat lini depan mereka makin menakutkan menyusul kedatangkan Antoine Griezmann.

Setelah menjadi juara dengan keunggulan 11 poin dari Atletico Madrid pada musim lalu, rasa lapar Barcelona terhadap kompetisi elite tanah Spanyol tersebut justru semakin besar. Tanpa basa-basi, mereka mengeluarkan 120 Juta Euro untuk memboyong Griezmann 12 Juli lalu.

Gelontoran 133 gol dari 257 penampilannya bersama Los Colchoneros jelas membuat Griezmann cukup ditakuti bek lawan. Selain itu, kreativitas, kecerdasan, dan etos kerja penyerang asal Prancis tersebut diyakini bakal sangat bermanfaat bagi Barcelona.

Baca Juga:

Karena itu, meski El Azulgrana terus berupaya merekrut kembali Neymar dari Paris Saint Germain (PSG), pelatih Ernesto Valverde sangat puas dengan kinerja Griezmann selama pramusim. Dia kagum karena pemain berusia 28 tahun itu bisa bermain di beberapa posisi.

"Kami sangat senang dengan apa yang telah diperlihatkan Griezmann kepada kami sejauh ini. Pergerakannya menawarkan banyak hal kepada kami dan dia bekerja sangat keras di pertahanan. Fakta dia bisa bermain sebagai penyerang tengah atau sayap adalah keuntungan bagi kami. Dia selalu suka masuk ke dalam kotak penalti dan itu membuatnya mencetak banyak gol. Griezmann adalah pemain yang spesial," ungkap Valverde dilansir Reuters.

Dengan hadirnya Griezmann serta rekrutan anyar lainnya, seperti Frenkie De Jong, Emerson Aparecido, Marc Cucurella, dan Junior Firpo, skuad Barca tentu semakin kompetitif. Apalagi jika dipadukan dengan bintang utama macam Lionel Messi, Luis Suarez, Ivan Rakitic, dan Sergio Busquets.

Kemampuan Griezmann bakal diuji pada laga resmi pertamanya bersama Barcelona, yakni partai pembuka Liga Spanyol kontra Athletic Bilbao di San Mames Barria, Sabtu (17/8/2019) dinihari.

Dia diharapkan bisa membantu Blaugrana meraih kemenangan. Meskipun Messi diragukan tampil karena cedera, tapi hadirnya Griezmann bisa membuat Barcelona tetap galak saat meladeni Bilbao. Soalnya tuan rumah merupakan tim kuda hitam yang terkadang bisa menyulitkan. (Baca juga : Ke Bilbao, Barcelona Dipastikan Tanpa Lionel Messi)

Kabar baiknya, Barcelona punya modal bagus, yakni selalu memenangi laga pertama liga selama 10 musim belakangan. Selain itu, mereka hanya dua kali tumbang oleh Bilbao di kompetisi domestik dalam 14 tahun terakhir.

Kekalahan terakhir bahkan terjadi enam tahun lalu. Berasumsi Valverde menerapkan formasi 4-3-3 tanpa Messi, Philippe Coutinho bisa menjadi kreator bersama trio Ousmane Dembele, Suarez, dan Griezmann di lini depan. Marc-Andre Ter Stegen akan mengawal gawang yang dilindungi Clement Lenglet, Gerard Pique Jordi Alba, dan Nelson Semendo.

Di lini tengah, Busquets, Rakitic, dan De Jong siap berkolaborasi. Barisan pemain itu ditambah status Barcelona sebagai juara bertahan jelas membuat Bilbao waspada. Gelandang Unai Lopez menuturkan bahwa Blaugrana adalah lawan kuat yang memiliki kualitas merata di semua lini.

"Ini akan menjadi pertandingan sangat sulit. Melawan Barcelona akan selalu begitu. Meskipun pemain terbaik mereka tidak tampil, mereka selalu memiliki pemain hebat dan kami tidak bisa bersantai. Artinya konsentrasi sangat fundamental. Karena kelengahan sekecil apapun berakibat fatal," ujar Lopez.

Namun, Lopez menegaskan, pelatih Gaizka Maritano telah menyiapkan strategi khusus guna menjinakkan Barcelona. Dia menilai Los Leones akan tampil penuh semangat dengan dukungan fans di kandang sendiri.

"Kami bermain di rumah dan dengan fans, kami akan berjuang untuk kemenangan. Kami harus ke luar ke lapangan, bertarung, dan mengambil keuntungan dari dukungan penuh fans di San Mames. Bersama mereka, kami seperti memiliki tambahan ekstra tenaga," katanya.

(bbk)



Sumber: Sindonews.com

Klik tautan (link) sumber jika konten berita terpotong atau tidak lengkap
loading...