http://kata.news


HOME I NUSANTARA I MANCANEGARA I EKBIS I OLAHRAGA I IPTEK I HIBURAN

Video helikopter Kobe Bryant jatuh jadi viral, ini penjelasannya

Jakarta (ANTARA/JACX) - Video yang memperlihatkan sebuah helikopter terjatuh ke dasar lembah, muncul di media sosial Twitter pada Senin (27/1) dan menjadi viral

Dalam cuplikan rekaman berdurasi 29 detik itu, tampak sejumlah orang sedang menyaksikan sebuah helikopter berwarna putih yang hilang kendali dan terpental ke dasar lembah.

Pada detik kelima video tersebut, badan helikopter naas itu terlihat memercikkan api. Dan berselang beberapa detik, helikopter itu kemudian menabrak tebing, lantas meledak.

Pemilik akun Twitter yang mengunggah video itu menuliskan narasi sebagai berikut:

"Footages of how #Kobebryant's helicopter crashed in the air that resulted in his death" (Rekaman tentang bagaimana helikopter #Kobebryant jatuh di udara yang menyebabkan kematiannya).

Hingga Selasa (28/1), unggahan video itu telah dilihat 1,4 juta pengguna lain, disukai 13 ribu pengguna lain dan mendapatkan komentar lebih dari seribu akun.

Penjelasan:
Berdasarkan penelusuran yang dilakukan ANTARA, cuplikan gambar berdurasi kurang dari satu menit itu sudah pernah diunggah media daring asal Inggris, thesun.co.uk, pada 29 Desember 2018, dalam artikel berjudul "UEA helicopter crash leaves four dead after chopper 'smashes into world's longest zip line".

Video yang menampilkan detik-detik kecelakaan helikopter tersebut bukanlah kejadian yang dialami oleh mantan pebasket LA Lakers, Kobe Bryant.

Kecelakaan helikopter yang berlangsung pada Desember 2018 itu, menurut The Sun, terjadi di Uni Emirat Arab (UEA) dengan empat orang penumpangnya menjadi korban.

Helikopter bernama Agusta 139 itu dikerahkan untuk menyelamatkan seorang pria di Jebel Jais dekat Dubai. Tapi sebelum sampai tujuan, helikopter itu hilang kendali dan terjatuh.

Di sisi lain, helikopter yang ditumpangi pebasket profesional sekaligus bintang NBA, Kobe Bryant, terjatuh di dekat Los Angeles, Amerika Serikat, pada Minggu (26/1) waktu setempat.

Dalam kecelakaan di Los Angeles itu, seluruh penumpang tewas termasuk putri kedua Kobe Bryant, Gianna yang berusia 13 tahun.

Klaim : Video helikopter Kobe Bryant jatuh dan meledak
Rating : Salah/Disinformasi
 

Tangkapan layar hoaks kecelakaan helikopter pebasket Kobe Bryant (Twitter.com)

Baca juga: Otoritas AS kumpulkan bukti-bukti kecelakaan heli Kobe Bryant

Baca juga: Kobe Bryant meninggal dunia akibat kecelakaan helikopter

Baca juga: Putri Kobe Bryant juga jadi korban kecelakaan helikopter

Pewarta: Tim JACX dan Kominfo
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020



Sumber: Antaranews.com

Klik tautan (link) sumber jika konten berita terpotong atau tidak lengkap
loading...