http://kata.news


HOME I NUSANTARA I MANCANEGARA I EKBIS I OLAHRAGA I IPTEK I HIBURAN

Misi Napoli Jaga Konsistensi

Napoli bertandang ke kandang Sampdoria pada laga lanjutan Serie A.

REPUBLIKA.CO.ID, NAPLES -- Napoli tampil mengejutkan selama pekan lalu, saat tampil di Serie A dan Coppa Italia. Napoli menumbangkan Lazio 1-0 di babak perempatfinal Coppa Italia dan Juventus 2-1 di Serie A.

Dua kemenangan itu memang mengagetkan mengingat performa buruk Napoli musim ini. Hanya saja, mereka harus fokus untuk bertandang ke Sampdoria, Senin (3/2).

Napoli mesti melupakan euforia kemenangan terhadap dua tim yang saat ini berada di papan atas klasemen Serie A, khususnya memperbaiki lini pertahanan. Tetapi, yang terpenting adalah menjaga konsistensi untuk bisa terus menang.

Gennaro Gattuso juga telah mulai mentransformasi Partenopei, usai dikalahkan Fiorentina. Khususnya Lorenzo Insigne, yang mampu keluar dari masalah depresinya, untuk kembali menampilkan performa terbaik. Insigne mencetak gol pada laga lawan Lazio maupun Juve.

Meskipun, Gattuso harus putar otak untuk menentukan skema timnya, menyusul cederanya Allan, Driez Mertens, Kalidou Koulibaly, Faozi Ghoulam dan kevin Malcuit. Namun, Diego Demme bisa diandalkan untuk posisi lini tengah.

Nikola Maksimovic di bek tengah juga dapat memperkuat pertahanan. Maksimovic menegaskan kalau hasil positif lawan Juve mesti dijadikan momentum untuk bisa membawa tiga poin dari Marassi.

''Pertandingan (lawan Juve) memberikan kami dorongan yang besar dan membawa kami ke jalur yang benar,'' ungkap Maksimovic, dikutip dari laman resmi klub, Ahad (2/2).

Pemain asal Serbia tersebut mengatakan kalau timnya harus bisa membuka lembaran baru secepat mungkin, dengan mengulangi performa dua pertandingan sebelumnya. Apalagi, lanjut dia, mengalahkan juara bertahan telah memberikan kepercayaan diri para pemain Napoli untuk bangkit dari keterpurukan.

Napoli saat ini masih jauh dari zona Liga Champions karena berada di posisi 11. Mereka berjarak 11 poin dari AS Roma di peringkat keempat.

Maksimovic mengakui, bahwa posisi Napoli saat ini karena memang pemain belum menunjukan kualitas yang sebenarnya. Karena itu ia mengimbau rekan-rekannya untuk tetap diam dan fokus untuk mengunjungi markas Sampdoria.

''Kami butuh poin untuk naik di klasemen. Senin akan jadi pertandingan berat dan kami harus memberikan segalanya,'' ujar Maksimovic.

Gattuso memang sadar kalau timnya butuh paling tidak 40 poin untuk bisa bersaing mendapatkan tempat di Liga Champions. Meskipun, mantan pelatih AC Milan itu tak ingin sesumbar kalau kemenangan atas Juventus itu membuat skuatnya sudah menyelesaikan masalah. Sehingga, Gattuso tak ingin membuat pernyataan maupun kalkulasi yang bisa membuat timnya terjatuh lagi.

Napoli harus menunjukkan kreativitas mereka dalam menciptakan peluang. Sebab, Sampdoria gemar main dengan tempo lambat dan membuat lawan frustrasi. Gaya permainan ini kerap membuat Napoli menemui masalah musim ini. Sehingga, Napoli akan butuh beberapa keberuntungan untuk bisa mengatasi kebuntuan.

''Tim harus menunjukkan apa yang bisa kami lakukan. Tapi sekarang saya ingin melihat pada konsistensi,'' ujar dia.

Di sisi lain, Claudio Ranieri menyatakan kalau Sampdoria siap memberikan yang terbaik saat menjamu Napoli. Meski ia tahu kalau Napoli baru saja mengalahkan Lazio dan Juventus, tapi menegaskan kalau timnya tak akan gentar tampil di Stadion Ferraris. Ranieri pun menyadari kalai Napoli merupakan lawan kuat dan membuat pemainnya akan merasakan pertarungan yang sebenarnya.

''Mereka akan datang ke sini dengan mencari tiga poin, tapi kami siap untuk mereka. Itu akan sulit untuk kami, tapi lawan kami tak akan mendapatkan kemenangan dengan mudah juga,'' ungkap Ranieri, dikutip dari lawan resmi klub.

Ranieri juga kemungkinan besar akan memainkan dua pemain barunya yang didapat pada detik-detik terakhir bursa transfer Januari, La Gumina dan Maya Yoshida. Menurutnya, La Gumina adalah pemain yang memang dibutuhkan, dan klub sudah sejak setahun lalu tertarik dengannya. Namun sayang saat itu ia malah bergabung dengan Empoli. Sementara Yoshida, lanjut dia, adalah kapten Jepang dan punya kualitas seperti Yuto Nagatomo di Inter dan Shinji Okazaki di Leicester.

''Mereka pemain profesional,'' kata Ranieri.

Apalagi, Ranieri akan dihadapkan pada pilihan yang terbatas. Sebab, Bartosz Bereszynski terkena larangan bertandingan, sementara Alex Ferrari, Fabio Depaolo dan Edgar Barreto mengalami cedera. Kemenangan tandang terakhir Napoli di Sampdoria dalam ajang Serie A adalah pada 13 Mei 2018. Terakhir kali Sampdoria mengalahkan Napoli di kandang sendiri yaitu pada 2 September 2018 dengan skot 3-0.

Data dan Fakta

106 -Kedua tim sudah 105 kali di Serie A. Dan pertandingan Senin dini hari itu akan menjadi yang ke-106.

21 -Dalam 52 pertemuan terakhir di Genoa, Napoli sudah 21 kali kalah, dengan 14 kali menang dan 17 kali imbang.

4 -Napoli sudah empat kali menang dan empat kali kalah dalam delapan pertandingan terakhir.

1 -Sampdoria baru sekali menang dalam lima pertandingan terakhir.



Sumber: Republika.co.id

Klik tautan (link) sumber jika konten berita terpotong atau tidak lengkap
loading...